Bukalapak Reksadana

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar yang ada di dunia, tak heran jika seandainya trend fashion, hingga trend bisnis muslim yang berbasis syariah juga lebih diutamakan. Salah satunya adalah produk perbankan berbasis syariah sendiri, hampir semua orang tau jika sistem yang digunakan dalam produk perbankan adalah bunga, namun bagi umat muslim keberadaan bunga ini sendiri adalah hal yang diharamkan menurut Islam karena termasuk sebagai riba. Itulah mengapa banyak diantaranya yang enggan menggunakan produk bank konvensional dan lebih beralih ke bank syariah. Sejalan dengan hal tersebut sekarang ini banyak juga perusahaan investasi yang memiliki produk unggulan baru berbasis syariah, seperti diantaranya adalah reksadana Syariah .

Istilah reksadana ini sendiri pastinya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda, yaitu sebuah program investasi yang memungkinkan siapa saja dengan modal berapa saja untuk menginvestasikan uang mereka kesini. Bahkan mereka yang masih terbilang awam dalam berinvestasi sekalipun maka bisa memiliki reksadana sebagai pilihan aman.

Jenis investasi yang satu ini membagi-bagi modal dalam beberapa instrumen yang dipilih oleh investor, kemudian menginvestasikannya bersama dengan himpunan modal investor yang lainnya, sehingga jika ada keuntungan akan dibagi bersama, begitu juga dengan potensi kerugian yang pasti ada dan ditanggung bersama. Lalu apakah yang membedakan antara reksadana biasa dengan reksadana syariah ini, berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui, yaitu:

Bukalapak Reksadana

  1. Reksadana jenis syariah ini hanya menginvestasikan uang tersebut pada instrumen yang berbasis syariah, bukan untuk produk keuangan konvensional, sebut saja diantaranya adalah deposito, salah satu instrumen investasi yang masuk kategori pasar uang. Ketika Anda ingin berinvestasi kesini maka imbal yang diberikan adalah bunga, sesuai dengan kesepakatan, namun untuk syariah ini biasanya bukan deposito, melainkan untuk pendanaan ataupun pembiayaan bank yang konsepnya juga syariah.
  2. Ada efek syariah yang tercantum di dalamnya, jika biasanya perusahaan investasi biasa hanya terdaftar oleh OJK, maka tidak dengan jenis yang satu ini, karena ia juga terdekat pada DPS, yaitu dewan pengawas syariah yang biasanya juga bekerja pada beberapa lembaga keuangan atau bank syariah, guna mengawasi regulasi perputaran uang, apakah sudah benar-benar sesuai dengan konsep islam atau belum.
  3. Tentunya jaminan halal bagi Anda para muslim, ketakutan dalam menerima uang yang tidak halal karena program investasi yang dijalankan pastinya ada, apalagi tak semua perusahaan investasi memikirkan hal tersebut bagi investor mereka, banyak diantaranya yang hanya mengejar keuntungan dalam bentuk uang semata. Sehingga para muslim yang ingin terjun ke bidang investasi ini juga harus lebih selektif dalam memilih. Dengan investasi berbasis syariah ini tentunya lebih menjamin uang atau keuntungan yang halal.
  4. Ada proses cleansing, umumnya investasi biasa langsung menerima keuntungan yang didapatkan, tanpa adanya proses cleansing seperti pada produk investasi syariah tersebut. Proses cleansing pada dasarnya adalah melakukan cek ulang untuk menghilangkan semua hal yang bisa mempengaruhi status kelalain dari investasi tersebut. Untuk itulah ada fungsi ganda dari DPS atau Dewan Pengawas Syariah.

Jadi ingin pilih yang mana? Reksadana syariah atau reksadana biasa, semuanya ada di tangan Anda. Setiap produk investasi pastinya memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Pertimbangkan hal ini baik-baik sebelum memutuskan untuk memilihnya, cari yang paling aman dan juga menguntungkan, lihat juga kehalalan produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *