Tempat Sejarah Di Kota Semarang

Halo sobat pembaca sekalian!!!

Kali ini saya akan membagikan informasi tentang beberapa tempat sejarah di kota Semarang yang bisa kamu datangi saat sedang berlibur atau traveling. Jika dari beberapa kota besar di pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya, untuk menuju Semarang bisa menggunakan transportasi darat seperti bus. Kini, memesan tiket bus tidak lagi harus antri atau repot seperti dulu, cukup kunjungi situs WWW.REDBUS.ID  dan lakukan pemesanan tiket via online, maka kamu sudah bisa duduk dengan tenang tanpa khawatir kehabisan tiket.

Tempat Sejarah Di Kota Semarang

Nah, adaobjek wisata apa saja sih di Semarang? Yuk intip infonya berikut ini!

1.       Kota Lama

Kota Lama merupakan sebuah tempat disudut kota Semarang yang menyimpan banyak bangunan bersejarah sehingga suasana tempat ini begitu klasik dan kental akan zaman dulu. Sebagian bangunan peninggalan sisa Belanda masih berdiri kokoh dengan desain arsitektur yang khas ditambah dengan adanya kanal-kanal di tepi membuat Kota Lama disebut-sebut sebagai Little Netherland.

2.       Klenteng Sam Poo Kong

Sejarah didirikannya Klenteng Sam Poo Kong yaitu sebagai penghormatan kepada Laksamana Ceng Ho. Dibangun pertama kali pada tahun 1724 oleh orang-orang Tionghoa yang ada di Semarang. Luas lokasi klenteng sekitar 3.2 H. Bangunan Klenteng Sam Poo Kong yang ada sekarang telah mengalami sebagian perubahan bentuk sejak dilakukannya renovasi pada tahun 2002 lalu. Bagi kamu yang ingin melakukan wisata religi dengan mengunjungi tempat sejarah di kota Semarang, Klenteng Sam Poo Kong wajib dikunjungi.

3. Lawang Sewu

Sejak beberapa tahun silam ada sebuah film layar lebar yang mengangkat cerita tentang Lawang Sewu, tempat ini menjadi semakin terkenal dan menarik banyak orang untuk datang langsung. Lawang Sewu merupakan bangunan bekas kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij  atau pemerintah belanda pada zaman dulu. Bentuk bangunannya yang khas dengan dilengkapi seribu pintu, serta nilai sejarahnya yang tinggi membuat Lawang Sewu menjadi salah satu dari 102 bangunan bersejarahyang dilindungi oleh pemerintah. Dibalik kemegahan bangunan Lawang Sewu, ternyata tempat ini juga menyimpan hal-halyang berbau mistis.

4.    Mesjid Kauman

Meski saat ini bentuk bangunan Mesjid Kauman tidak seperti aslinya karena mengalami renovasi, namun nilai sejarah dari tempat ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Mesjid yang disebut sebagai mesjid tertua yang ada di kota Semarang ini cukup unik karena terdapat prasasti bertuliskan bahasa Belanda pada bagian gerbangnya. Jika melihat dari informasi yang tertulis, tahun pembangunan mesjid ini dimulai sekitar abad 18.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *